Home

Tuesday, March 12, 2013

Membuat Animasi Rusuk Kubus Menggunakan Adobe Flash CS5

Pada kali ini saya akan membuat modul, cara pembuatan animasi rusuk kubus dengan menggunakan Adobe Flash CS5. Sebelum memulai pembuatan, kita harus memastikan dulu bahwa program Adobe Flash CS5 sudah terinstal belum di komputer/laptop kita, jika selesai dan program berjalan dengan baik, mari kita coba pembuatan animasi rusuk kubus ini.

Langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Buka terlebih dahulu program yang telah teinstall di komputer/laptop kita, disini kita membuat halaman baru dan memilih ActionScript 2.0



 2. Setelah memilih ActionScript2.0, maka nanti keluar halaman baru kerja anda



3. Untuk membuat kubus kita harus membuat pola kubusnya dulu, yang pertama kita harus menggambar kotak dengan menggunakan Rectangle Tool (R) dan juga mengatur warna untuk garis pada kotak yang akan kita buat.
















4. Arahkan pointer dan di drag sambil menekan tombol Shif supaya gambar yang kita buat menjadi rapi 

5.Lakukan hal yang sama seperti tadi untuk sisi belakangnya

6. Untuk menghubungkan kedua kotak tadi sehingga menjadi kotak kubus, kita harus menyambungkan nya dengan garis, dengan menggunakan line tools (N)


7. Untuk garis yang berikutnya, kita hanya melakukan hal yang sama dengan cara yang diatas.


8. Selanjutnya kita akan mengubah garis yang menjadi bayangan kubus menjadi garis putus-putus, langkahnya lihat di gambar di bawah ini lebih jelasnya.

9. Membuat teks, jadi kubus yang telah kita buat tadi perlu penambahan teks sisi A, B dan seterusnya, dengan menggunakan Texs Tool (T)

 



10.   Setelah pembuatan kubus selesai, selanjutnya kita akan membuat garis-garis dari rusuk kubus dan setelah itu setiap rusuk-rusuk nya nanti bergerak menuju kubus yang telah kita buat tadi. Untuk meletakkan garis-garis tadi kita membutuhkan 24 garis dan stiap garis harus di letakkan di layer baru, untuk membuat layer baru kita harus memilih  New Layer.


11.   Layer baru telah terbuat dan kita juga bisa mengganti nama layer tersbut,



12.   Di layer 2 ini kita akan membuat garis ddengan menggunanakn line tool (N), dan juga mengatur tebal dan warna garis yang akan kita gunakan untuk animasi kubus kita kali ini.








13.   Kita memerlukan 24 garis, setiap garis kita memerlukan layer baru, lakukan cara yng sama seperti gambar diatas,

14.   Selanjutnya kita akan meposisikan tiap-tiap garis pada time linenya. untuk  layer no 2/ garis 1 pilih posisi di timeline 20 klik kanan dan pilih Insert Keyframe


15.   Pindahkan garis pertma ke kubus yang telah kita buat tadi.


16.   Membuat garisnya bergerak menuju kubus


17.   Membuat garis menjadi lurus keatas, untuk sisi kubusnya




18.   Lakukan hal yang sama untuk membuat sisi-sisinya terisi oleh garis


19.   Selanjutnya kita akan membuat warna di depan kubus, nantinya setiap sisi-sisi yang lain akan kita gunakan juga cara ini.


20.   Setelah itu kita akan menempatkan posisi di keyframe, seperti tutor sebelumnya, dan di lanjutkan dengan memilih Create Classic Tween





21.   Disini kita memberika warna pada garis yang telah kita buat tadi, dan ikuti langkah-langkahnya seperti gambar dibawah ini.


22.   Untuk berikutnya kita gunakan cara-cara dari awal  pembuatan garis untuk garis yang lainnya. Dan hasilnya seperti dibawah ini.


23.   Untuk menyimpan dokument, kita dapat menggunakan save as, dan jika kita mau menyimpan dalam versi yang lain seperti exe, html, dan lain-lain, itu bisa kita gunakan publish setting




24.   Dan pembuatan animasi kubus telah selesai,

1 comment: