Home

Sunday, November 24, 2013

PENGENALAN VISUAL BASIC 6.0 (cheat sheet 1)

Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang  dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).

Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6
Aktifkan VB 6 melalui tombol Start > Programs > Microsoft Visual Studio 6.0 > Microsoft Visual Basic 6.0. Pilih Standard EXE dan klik tombol Open.

Anda akan melihat tampilan area kerja atau IDE VB 6. Kenali bagian-bagian utama di dalam IDE VB 6 berikut ini :
Keterangan :

  1.  Menu Bar
    Berfungsi untuk menampilkan pilihan menu atau perintah untuk mengoperasikan program Visual Basic. Saat pertama kali jendela program Visual Basic terbuka terdapat tiga belas menu utama, yaitu : File, Edit, View, Project, Format, Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Windows dan Help.
  2.  ToolBar
    Toolbar merupakan sebuah batang yang berisi batang yang berisi kumpulan tombol yang terletak di bagian menu bar yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Pada kondisi default Visual Basic hanya menampilkan toolbar standard. Untuk dapat menampilkan toolbar yang lainnya yang dimiliki oleh Visual Basic dapat dilakukan dengan prosudur sebagai berikut :
    • Klik kanan pada area toolbar dan pilih salah satu nama toolbar dari empat pilihan yang ada. Atau dengan cara.
    • Pilih perintah View– Toolbar dan lanjutkan dengan memilih salah satu dari empat pilihan yang ada.
  3.  ToolBox
    Toolbox merupakan kotak perangkat yang berisi kumpulan tombol objek atau kontrol untuk mengatur desain dari aplikasi yang akan dibuat. Pada kondisi default, toolbox menampilkan tabulasi General dengan 21 tombol kontrol yang dapat ditampilkan dengan menggunakan prosedur.Bila Toolbox tidak muncul klik tombol Toolbox () pada bagian Toolbar atau klikmenu View - Toolbox. Untuk menjelaskan tentang fungsi masing-masing kontrol, perhatikan tabel berikut :


  4.  Jendela Form/ Form WindowsForm Windows merupakan jendela desain dari sebuah program aplikasi. Kita dapat mendesain sebuah program aplikasi dengan menempatkan kontrol-kontrol yang ada dibagian toolbox pada area form. Bila Jendela Form tidak muncul klik tombol View Object () pada bagian Project Explorer atau klik menu View> Object.
  5.  Jendela Code / Code Windows
    Code Windows merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program dari kontrol yang kita pasang pada jendela form dengan cara memilih terlebih dahulukontrol tersebut pada kotak objek. Bila Jendela Code tidak muncul klik tombol View Code () di pada bagian Project Explorer atau klik menu View > Code.
  6. Project ExplorerProject Explorer merupakan suatu kumpulan module atau merupakan program aplikasi itu sendiri. Dalam Visual Basic, file project disimpan dengan nama file berakhiran .VBP, dimana file ini berfungsi untuk menyimpan seluruh komponen program.

    Apabila kita membuat suatu program aplikasi baru, maka secara otomatis project tersebut akan diisi dengan objek Form1. Dalam jendela Project Exproler ditempilkan suatu struktur hirarki dari sebuah project itu sendiri yang berisi semua item yang terkandung di dalamnya. Bila Project Explorer tidak muncul klik tombol Project Explorer ()pada bagian Toolbaratau klik menu View >Project Explorer.
  7.  Jendela Properties Jendela Properties merupakan sebuah jendela yang digunakan untuk menampung
    nama properti dari kontrol yang dipilih. Pengaturan properti pada program Visual Basic merupakan hal yang sangat penting untuk membedakan objek yang satu dengan yang lainnya. Pada jendela properti ditampilkan jenis dan nama objek yang kita pilih urut berdasarkan abjad pada tab Alphabetic atau berdasarkan katagori pada tab Catagorized. Bila Jendela Properties tidak muncul klik tombol Properties Window ()pada bagian Toolbar atau klik menu View > Properties Window. Dalam pemrograman berbasis obyek (OOP), anda perlu memahami istilah object, property, method dan event sebagai berikut :

    Object : komponen di dalam sebuah program.
    Property : karakteristik yang dimiliki object.
    Method : aksi yang dapat dilakukan oleh object.
    Event : kejadian yang dapat dialami oleh object.

    Sebagai ilustrasi anda dapat menganggap sebuah mobil sebagai obyek yang memiliki property, method dan event. Perhatikan gambar berikut.


    Implementasinya dalam sebuah aplikasi misalnya anda membuat form, maka form tersebut memiliki property, method, dan event. Sebagaimana pemrograman visual lain seperti Delphi dan Java, VB juga bersifat event driven progamming. Artinya anda dapatmenyisipkan kode programpada event yang dimiliki suatu obyek.

    Referensi :
    • Praktikum Provis pilkomd
    • KrisnaD. Octovhiana, Cepat Mahir Visual Basic 6.0 , 2003, http://www.ilmukomputer.com.
    • LPKBM MADCOMS, Seri Panduan Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0, Andi, Yogyakarta,2002.
    • HandOut Komputer Aplikasi Akuntansi V – Adi Rachmanto, S.Kom.

No comments:

Post a Comment