Home

Saturday, July 12, 2014

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan


foto : Ujian kompetensi keahlian Teknik Komputer & Jaringan
Peran pendidikan di setiap suatu negara sangat diutamakan, apa jadinya jika suatu negara tanpa pendidikan?  Tetapi itu hal yang mustahil jika suatu negara buta akan pendidikan dan apalagi mereka menginginkaan negara mereka  berkembang, Oleh karena itu seiring berjalannya waktu dalam dunia pendidikan teknologi informasi dan komunikasi sehingga tidak bisa kita hindari apalagi bagi siswa yang masih menjadi pelajar karena kita dituntut untuk mengikuti perkembangan tersebut supaya kita tidak ketinggalan akan perkembangan teknologi.




Seperti yang dilakukan oleh para guru yang berada di sekolah SMK PGRI Tanjung Raja dalam memanfaatkan  Teknologi Infomasi dan Komunikasi mereka memanfaatkan teknologi yakni komputer untuk dijadikan salah satu mata pelajaran produktif yaitu Teknik Komputer dan Jaringan karena siswa dituntut untuk memiliki keahlian di bidang komputer dan jaringan karena dengan cara ini lebih evisien untuk mengasa kemampuan para peserta didik/siswa. tidak hanya sebatas siswa yang memanfaatkan teknologi yang ada di sekolah tetapi para guru beserta para staf nya juga bisa memanfaatkannya, dalam hal pembuatan surat, laporan, dan apalagi disaat penerimaan siswa baru dalam  memudahkan pendataan mereka lebih menggunakan komputer di bandingkan dengan kertas karena lebih memudahkan dalam penataan data siswa dan juga penghematan waktu dan tenaga.

Dalam  pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi disekolah, kami memanfaatkan komputer menjadi bahan praktik prakitan, perbaikan, ataupun pemasangan program/os dan ada juga pembuatan server ataupun router, biasanya kami lakukan ketika  kami akan belajar produktif  TKJ (Teknik Komputer & Jaringan) di dalam ruang Multimedia, bukan hanya sekedar bahan peraktik saja terkadang kami juga memanfaatkan komputer sebagai alat untuk membantu kami ketika akan membuat  tugas sekolah. Selain itu kami juga sering datang di ICT Center Oi (Pusat TIK SMK Tra) untuk mencari info, berdiskusi ataupun bertanya pada yang ahlinya berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sedang berkembang saat ini. ketika ingin mengirim e-mail, atau mencari tutorial yang kami butuhkan kami menggunakan jaringan internet yang ada disekolah untuk membantu kami menyelesaikan tugas atau belajar secara online E-Learning. Pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas, seperti extrakulikuler yang diadakan setiap jam pulang sekolah yang memuat praktik menggunakan program  pengolah kata, dengan cara seperti itu cukup efektif untuk mengembangkan keahliaan mereka dibidang komputer, bukan hanya siswa yang terbantu adanya teknologi komputer tetapi para guru pada saat menerangkan atau mengajar mereka sering menggunakan proyektor untuk memudahkan menjelaskan materi yang akan diajarkan.



Suasana Ruang LabKom di SMK PGRI Tra
"Siswa SMK PGRI Tra Sedang Mengikuti Kegiatan Extrakulikuler Komputer"

Dalam mengembangkan teknologi di dalam lingkungan sekolah kami menggunakan Sistem Operasi berbasis Open Source karena sistem operasi ini mudah digunakan dan free memungkinkan para siswa untuk menggunakannya tanpa harus membeli sistem operasi berbayar yang harganya tidak sedikit. Salah satu upaya dalam menggali  potensi siswa dalam hal keahlian Teknik Komputer & Jaringan, pihak sekolah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan DIRJEN Pendidikan Menengah Direktorat Pembinaan SMK dan sekolah SMK lainnya untuk mengadakan lomba atau Latihan Keterampilan Siswa (LKS) tingkat kabupaten.

    foto : LKS 2011 "Lomba IT/Networking Support"
    saya (feridi) mewakili sekolah dan mendapat juara 3 tingkat kabupaten

    foto : LKS 2011 "Lomba Web Desain"
    Handini mewakili sekolah dan mendapat juara 3 tingkat kabupaten
    Ada Banyak sekali teknologi dan informasi yang berkembang di saat ini sebaiknya kita sebagai pengguna (user) ada baiknya tetap berhati-hati  dan menyaring konten-konten yang kurang pantas untuk tidak ditiru, supaya teknologi yang ada tidak di salah gunakan yang dampaknya dapat merugikan orang lain ataupun diri kita sendiri, semuanya itu tergantung pada kita bagaimana menyikapi teknologi yang ada. Gunakanlah Teknologi dengan bijak.

    ini adalah artikel tulisan saya pada tanggal 1/6/2012 3:52 PM
    tanggal posting artikel dimajukan 

    42 comments:

    1. luar biasa, trus blogging dan berbagi

      ReplyDelete
    2. boleh lah dulur kito dari Tanjung Rajo ini, mantep artikelnyo....happy blogging

      ReplyDelete
    3. keren abis dech, mantaps...

      ReplyDelete
    4. thanks
      @teknologi-sarno
      @Najibxp

      ReplyDelete
    5. wah..
      kalau disetiap sekolah dah ada gini
      akan menjadi mudah.
      selamat malam boss..

      ReplyDelete
      Replies
      1. benar jga mas broo,..

        tpi bgi school yg blum maju dlm hal teknologi entah dri peralatan atau tenaga pngajarnya mungkin para siswa bisa belajar dri luar expl. kursus komputer atau mengikuti kegiatan yg berkaitan dng teknologi pasti mereka bisa.

        Delete
    6. it's amazing...!!!

      be d'best!!!

      ReplyDelete
    7. Nice Blog And Artikel...
      Terus Gali SDM Sumsel...
      =========================================================================
      Info jadwal pertandingan EEURO 2012 Di RCTI Kunjungi tautan dibawah :
      =========================================================================
      http://samsoelsfc.blogspot.com/2012/06/jadwal-pertandingan-euro-2012.html

      ReplyDelete
    8. @Rahmadi Pambayun : hah,... mang optimis dlu, jngan ptus asa LANJUTKAN.
      @Ego Fitria MissFullhope, @waeh, @Samsoel Fu, @Sunday alias sandi, @handhiNeeY :Thanks tlah brkunjng & brkomentar di blog saya

      ReplyDelete
    9. urwell... jgn lupa singgah juga di blog aq :))

      ReplyDelete
      Replies
      1. Siiiip tnang be pasti langsung ke TKP
        thanks tlah berkunjung

        Delete
    10. gan kalu lah sukses jangan lupo buat server dewek iy untuk diseand hubungi q kwkwkwk

      ReplyDelete
      Replies
      1. nang be gan t2 lah impian q, walaupun dax tercapai mngkin mslah yg laine yg pasti q pngen ngedalami nye gi, yg buat seru t2 ngutak atik server & bereksperimen di dlm e

        Delete
    11. WAw ternyata postingan Ini Menang dari beratus2 peserta se sumsel... dan membawa nama baik SMK PGRI TRA............


      Good

      ReplyDelete
      Replies
      1. biase be mang,.... mngkin kmu* gek pcak nyusul

        Delete
    12. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
      Hargailah hari kemarin,mimpikanlah hari esok, tetapi hiduplah untuk hari ini.,
      ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

      ReplyDelete
    13. Teknologi tumbuh dan berkembang mengalami evolusi dan revolusi, seiring berjalannya waktu dan peradaban manusia. Kita hidup di era yang serba teknologi, kalau gak mau ngikuti perkembanganya akan ketinggalan teknologi. Mari menyongsong teknologi masa depan, ditunggu kunjungannya di http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#up

      Salam kreatif...

      ReplyDelete
    14. mantap gan :) bermanfaat

      ReplyDelete
    15. kereen bro saya juga dulu kerja begini waktumasih SMK heh

      ReplyDelete
      Replies
      1. sipppp mas broooo,.... bnyak kenangan yg pastinya.

        Delete
    16. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete