Home

Sunday, March 10, 2013

Resume Part 2 adobe flash

Adobe Flash CS3 Professional, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetai pada perkembangannya banyak digunakan   untuk   membuat   animasi atau aplikasi   yang   bukan   berbasis   internet   (offline)

Penggunaan   Adobe   Flash   CS3   Professional   untuk   animasi   atau   pembuatan   bahan   ajar   interaktif tidaklah  sulit,  tool-tool  yang  tersedia  cukup  mudah  digunakan,  beberapa  template  dan  component juga  sudah disediakan dan siap digunakan.
Mengenal Jendela Kerja
Mengenal Menu Dasar
Berikut  merupakan  tampilan  standar  jendela  kerja  Adobe  Flash  CS3  Professional,  saat  Anda memulai membuat 
 file baru.
Mengenal kerja aplikasi Adobe Flash CS3

 1. Workspace adalah tampilan aplikasi pada saat kita mengolah pekerjaan kita. 
  •  Stage disebut  juga  layar  atau  panggung.  Stage  digunakan  untuk  memainkan  objek-objek yang  akan  diberi  animasi.  Dalam  stage  kita  dapat  membuat  gambar,  teks,  memberi  warna dan lain-lain.
  • Timeline
    Timeline   atau   garis   waktu   merupakan   komponen   yang   digunakan   untuk   mengatur   atau mengontrol  jalannya  animasi.  Timeline  terdiri  dari  beberapa  layer.  Layer  digunakan  untuk menempatkan  satu  atau  beberapa  objek  dalam  stage  agar  dapat  diolah  dengan  objek  lain. Setiap  layer  terdiri  dari  frame-frame  yang  digunakan  untuk  mengatur  kecepatan  animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
    ·         Single keyframe dan frame
    Yaitu cara menambahkan frame dengan cara satu persatu (f5 dan f6)
    ·         Motion tweened frame
    Lebih sering digunakan untuk frame obyek
    ·         Shape tweened frame
    Di gunakan untuk frame warna
    ·         Labeled frame 
    ·         Sripted frame

    Timeline
  • Library
    Panel Library  mempunyai fungsi  sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam  animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).

  

  • Action dan Propeties
    Membatu anda mengatur beberapa properti/obyek terpilih yang ada di stage, Panel  Properties  akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktaifkan.  Misalnya  Anda  sedang  mengaktifkan  Line  tool,  maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.
2. Jelaskan istilah berikut :

  • Single keyframeditkitai dengan titik hitam pada frame, ini berarti bahwa ada objek pada frame tersebut.

  • frame
    adalah kotak-kotak berurutan dalam timeline, di frame inilah nantinya akan menentukan animasi apa yang akan dibuat atau dari frame awal sampai ke frame yang diinginkan untuk membentuk suatu pergerakan animasi
  • Motion tweened frameditkitai dengan warna unggu dengan panah diantara dua frame.
  • Shape tweened frameditkitai dengan warna hijau dengan panah diantara dua frame.
  • Labeled frameapabila keyframe atau frame telah diberi nama melalui frame

3. Tools Panel  
Panel Tools memuat alat bantu untuk membuat objek graphic yang dapat ditambahkan dalam Stage   
  • Tools Area : Semua icon-icon utnuk membuat sebuah obyek pada stage
  •   View Area : Untuk melihat icon-icon pada tools 
  •   Colours Area : Tempat atau letak dimana sebuah icon untuk mewarnai obyek pada stege
  • Option Area: Pengaturan Tools
4. Perbedaan Static Teks, DinamicTeksdan Input Teks?
  • Static Teks
    jenis teks yang tidak dapat diubah secara dinamis. Tulisan yang tertera pada static teks tidak akan berubah selama Movie dijalankan
  • DinamicTeks
    jenis teks yang dapat diubah secara dinamis. Tulisan yang tertera pda Dynamic teks dapat  berubah selama movie dijalankan. contoh Dynamic teks adalah jam digital, skor pertandingan, urutan antrian, dan lain-lain.
  • Input Teks
    jenis teks berupa kotak isian, dan pemakai dapat memasukkan input didalamnya, input teks biasa digunakan dalam form aplikasi
 6. Apaitu Linking Teks ?BagaimanaMembuat Linking Tekskesebuah URL?

  • Linking teks adalah teks yang akan dijadikan link agar bisa terhubung ke internet 
  •  Cara membuat Linking Teks kesebuah URL adalah dengan cari kata atau kalimat yang saat di Klik akan menuju Halaman lain, lalu tandai atau blok kata.kalimat tersebut.
  •  Setelah ditandai Klik tanda link. Maka anda akan di bawa ke halaman/tampilan Lain, URL : isilah Alamat Web yang anda inginkan. 
 
7.    Perbedaan Bitmap dan Vektor :
  • Gambar bitmap disebut dengan raster graphic. 
    Contoh dari gambar ini
    adalah gambar-gambar pada dekstop wallpaper dan foto-foto yang ada dalam situs web. Gambar bitmap ini tersusun dari titik-titik (pixel) yang berjumlah ribuan, sehingga bila gambar tersebut diperbesar, maka titik-titik yang menyusunnya akan semakin terlihat jelas. Dengan kata lain, pembesaran gambar bitmap menyebabkan gambar tersebut pecah. Program-program yang biasa gunakan untuk bekerja dengan gambar bitmap adalah Painter, Paint Shop Pro, Photoshop, dan Windows Paint.

  • Gambar vektor mempunyai sifat yang berlawanan dengan gambar bitmap. Seberapapun gambar vektor diperbesar, gambar tersebut akan terlihat utuh atau tidak pecah. Hal ini dikarenakan file yang berisi gambar vektor hanya menangkap bagian-bagian yang membentuk gambar tadi, dan bukan menangkap keseluruhan bagian gambar vektor. Di samping itu, kelebihan lain dari gambar vektor dibanding dari gambar bitmap adalah ukuran file gambar vektor lebih kecil daripada ukuran file gambar bitmap.

8.    Animasi Motion Tween dan Shape Tween
Motion tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. Sebagai contoh anda ingin menggerakkan suatu bola dari kiri ke kanan, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek.

Shape tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween.

 9. Fungsi-fungsi Symbol.
  • Graphic Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
  • Movie Clip Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang memiliki animasi.
  • Button Symbol : Simbol yang digunakan untuk membuat tombol yang bersifat diam.
  • Tweening pada Simbol : Simbol yang ada didalam tween.
   10. Publishing Flash Movie.
  • Flash *.swf File yang terbentuk jika anda melakukan test movie , dan merupakan   sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2D lainya.
  • HTML *.html : Digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berbasis web dan dapat diakses di suatu web browser.
  • Windows Projector *.exe : Aplikasi yang digunakan untuk mengekspor suatu animasi menjadi video, juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi.

Referensi :
 modul pelatihan adobe flash cs3 profesional 

http://ict-tirtamarta.ucoz.com/Module/M_09_R/Flash-8/4-Modul_4-R9.pdf
http://morfour.blogspot.com/p/mengenal-flash.html
http://riyani87.files.wordpress.com 


3 comments:

  1. sip lengkap tinggal dirapihkan saja yah... :)
    kerenlaah

    ReplyDelete
  2. upzzzz,.... html yg ada di post nya lgi error

    seeeppp nanti di rapi in lagi

    ReplyDelete
  3. mau bertanya gan,,,kalo kita melakukan tes movie (ctrl+f8), ketika movienya sudah berjalan dan layarnya di maximisekan, kenapa tampilannya tidak sesuai besar stagenya lagi,,sehingga objek yang di luar stage menjadi kelihatan,,cara mengatasinya gan gimana supaya ketika di maximise ukurannya tetap berpacu pada stage ????

    ReplyDelete