Adobe Flash CS3 Professional, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis
vektor dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software ini memang diarahkan
untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetai pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi atau aplikasi yang bukan berbasis internet (offline)
Penggunaan Adobe Flash CS3 Professional untuk animasi atau pembuatan bahan ajar interaktif tidaklah sulit, tool-tool yang tersedia cukup mudah digunakan, beberapa template dan component juga sudah disediakan dan siap digunakan.
Mengenal Jendela Kerja
Berikut merupakan tampilan standar jendela kerja Adobe Flash CS3 Professional, saat Anda memulai membuat
file baru.
1. Workspace adalah tampilan aplikasi pada saat kita mengolah pekerjaan kita.
3. Tools Panel
file baru.
Mengenal kerja aplikasi Adobe Flash CS3 |
1. Workspace adalah tampilan aplikasi pada saat kita mengolah pekerjaan kita.
- Stage disebut juga layar atau panggung. Stage digunakan untuk memainkan objek-objek yang akan diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan lain-lain.
-
TimelineTimeline atau garis waktu merupakan komponen yang digunakan untuk mengatur atau mengontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer digunakan untuk menempatkan satu atau beberapa objek dalam stage agar dapat diolah dengan objek lain. Setiap layer terdiri dari frame-frame yang digunakan untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka semakin lama animasi akan berjalan.
· Single keyframe dan frame
Yaitu cara menambahkan frame dengan cara satu persatu (f5 dan f6)· Motion tweened frame
Lebih sering digunakan untuk frame obyek· Shape tweened frame
Di gunakan untuk frame warna· Labeled frame· Sripted frame -
LibraryPanel Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan simbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan gambar statis (graphic).
- Action dan PropetiesMembatu anda mengatur beberapa properti/obyek terpilih yang ada di stage, Panel Properties akan berubah tampilan dan fungsinya mengikuti bagian mana yang sedang diaktaifkan. Misalnya Anda sedang mengaktifkan Line tool, maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi-fungsi untuk mengatur line/garis seperti besarnya garis, bentuk garis, dan warna garis.
2. Jelaskan istilah berikut :
- Single keyframeditkitai dengan titik hitam pada frame, ini berarti bahwa ada objek pada frame tersebut.
- frame
adalah kotak-kotak berurutan dalam timeline, di frame inilah nantinya akan menentukan animasi apa yang akan dibuat atau dari frame awal sampai ke frame yang diinginkan untuk membentuk suatu pergerakan animasi - Motion tweened frameditkitai dengan warna unggu dengan panah diantara dua frame.
- Shape tweened frameditkitai dengan warna hijau dengan panah diantara dua frame.
- Labeled frameapabila keyframe atau frame telah diberi nama melalui frame
3. Tools Panel
Panel Tools memuat alat bantu untuk membuat objek graphic yang dapat ditambahkan dalam Stage
- Tools Area : Semua icon-icon utnuk membuat sebuah obyek pada stage
- View Area : Untuk melihat icon-icon pada tools
- Colours Area : Tempat atau letak dimana sebuah icon untuk mewarnai obyek pada stege
- Option Area: Pengaturan Tools
- Static Teks
jenis teks yang tidak dapat diubah secara dinamis. Tulisan yang tertera pada static teks tidak akan berubah selama Movie dijalankan - DinamicTeks
jenis teks yang dapat diubah secara dinamis. Tulisan yang tertera pda Dynamic teks dapat berubah selama movie dijalankan. contoh Dynamic teks adalah jam digital, skor pertandingan, urutan antrian, dan lain-lain. - Input Teks
jenis teks berupa kotak isian, dan pemakai dapat memasukkan input didalamnya, input teks biasa digunakan dalam form aplikasi
- Linking teks adalah teks yang akan dijadikan link agar bisa terhubung ke internet
- Cara membuat Linking Teks kesebuah URL adalah dengan cari kata atau kalimat yang saat di Klik akan menuju Halaman lain, lalu tandai atau blok kata.kalimat tersebut.
- Setelah ditandai Klik tanda link. Maka anda akan di bawa ke halaman/tampilan Lain, URL : isilah Alamat Web yang anda inginkan.
7.
Perbedaan Bitmap dan Vektor :
- Gambar bitmap disebut dengan raster graphic.
Contoh dari gambar ini adalah gambar-gambar pada dekstop wallpaper dan foto-foto yang ada dalam situs web. Gambar bitmap ini tersusun dari titik-titik (pixel) yang berjumlah ribuan, sehingga bila gambar tersebut diperbesar, maka titik-titik yang menyusunnya akan semakin terlihat jelas. Dengan kata lain, pembesaran gambar bitmap menyebabkan gambar tersebut pecah. Program-program yang biasa gunakan untuk bekerja dengan gambar bitmap adalah Painter, Paint Shop Pro, Photoshop, dan Windows Paint.
- Gambar vektor mempunyai sifat yang berlawanan dengan gambar bitmap. Seberapapun gambar vektor diperbesar, gambar tersebut akan terlihat utuh atau tidak pecah. Hal ini dikarenakan file yang berisi gambar vektor hanya menangkap bagian-bagian yang membentuk gambar tadi, dan bukan menangkap keseluruhan bagian gambar vektor. Di samping itu, kelebihan lain dari gambar vektor dibanding dari gambar bitmap adalah ukuran file gambar vektor lebih kecil daripada ukuran file gambar bitmap.
8. Animasi Motion Tween dan Shape Tween
Motion tween adalah pergerakan suatu objek dari
keadaan awal sampai keadaan akhir. Sebagai contoh anda ingin menggerakkan suatu
bola dari kiri ke kanan, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan
sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek.
Shape tween adalah perubahan bentuk dari suatu
objek ke objek lain. Untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis
Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan
motion Tween.
9. Fungsi-fungsi Symbol.
- Graphic Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
- Movie Clip Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang memiliki animasi.
- Button Symbol : Simbol yang digunakan untuk membuat tombol yang bersifat diam.
- Tweening pada Simbol : Simbol yang ada didalam tween.
10. Publishing Flash Movie.
- Flash *.swf : File yang terbentuk jika anda melakukan test movie , dan merupakan sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2D lainya.
- HTML *.html : Digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berbasis web dan dapat diakses di suatu web browser.
- Windows Projector *.exe : Aplikasi yang digunakan untuk mengekspor suatu animasi menjadi video, juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi.
Referensi :
modul pelatihan adobe flash cs3 profesional
http://ict-tirtamarta.ucoz.com/Module/M_09_R/Flash-8/4-Modul_4-R9.pdf
http://morfour.blogspot.com/p/mengenal-flash.html
http://riyani87.files.wordpress.com
sip lengkap tinggal dirapihkan saja yah... :)
ReplyDeletekerenlaah
upzzzz,.... html yg ada di post nya lgi error
ReplyDeleteseeeppp nanti di rapi in lagi
mau bertanya gan,,,kalo kita melakukan tes movie (ctrl+f8), ketika movienya sudah berjalan dan layarnya di maximisekan, kenapa tampilannya tidak sesuai besar stagenya lagi,,sehingga objek yang di luar stage menjadi kelihatan,,cara mengatasinya gan gimana supaya ketika di maximise ukurannya tetap berpacu pada stage ????
ReplyDelete